Teknologi pendidikan
Teknologi pendidikan
M.MUHAIMIN
Mata Kuliah : Teknologi Pembelajaran PAI
·
Cara yang sistematis dalam merancang,
menerapkan, dan mengevaluasi seluruh proses kegiatan belajar mengajar sesuai
dengan tujuan yang spesifik, berdasarkan penelitian terhadap pembelajaran dan
komunikasi antar manusia, dan mendayagunakan kombinasi sumber daya manusia dan
non-manusia untuk lebih mengefektifkannya.[2]
·
Bidang yang memfasilitasi kegiatan belajar
manusia melalui identifikasi, pengembangan, organisasi, dan pemanfaatan yang
sistematik terhadap cakupan sumber pembelajaran yang luas melalui manajemen
proses-proses tersebut.[3]
·
Penelitian dan aplikasi terhadap ilmu
perilaku dan teori pembelajaran, dan penggunaan pendekatan sistem untuk
menganalisis, mendisain, mengembangkan, menerapkan, mengevaluasi, dan mengatur
penggunaan teknologi untuk membantu menyelesaikan masalah pembelajaran. Istilah
teknologi instruksional seringkali bertukar tempat dengan istilah teknologi
pendidikan, namun teknologi instruksional lebih menekankan pada pendekatan
ilmiah dan sistematis terhadap penyelesaian masalah instruksional, dan
teknologi pendidikan fokus kepada penggunaan dan pendayagunaan seni dan
teknologi untuk mendukung pembelajaran.
·
Studi terhadap penerapan etis dari
memfasilitasi kegiatan pembelajaran dan meningkatkan performa dengan membuat,
menggunakan, dan manajemen proses dan sumber daya teknologi yang tepat.[4]
Berdasarkan definisi-definisi di atas
menurut Ir. Lilik Gani HA[5] dapat disimpulkan bahwa:
1.
teknologi pendidikan/teknologi pembelajaran
adalah suatu disiplin/bidang (field of study)
2.
Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah
(1) untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan (2)
untuk meningkatkan kinerja
3.
teknologi pendidikan/pembelajaran
menggunakan pendekatan sistem (pendekatan yang holistik/komprehensif, bukan
pendekatan yang bersifat parsial).
4.
Kawasan teknologi pendidikan dapat meliputi
kegiatan analisa, disain, pengembangan, pemanfaatan,pengelolaan, implementasi
dan evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
5.
Yang dimaksud dengan teknologi dalam
teknologi pendidikan adalah teknologi dalam arti luas, bukan hanya teknologi
pisik (hardtech), tetapi juga teknologi lunak (softtech)
6.
teknologi pendidikan adalah proses komplex
yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi
untuk menganalisa masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola
pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia
Komentar
Posting Komentar