PRINSIP DASAR TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PRINSIP DASAR TEKNOLOGI
PEMBELAJARAN
By : Siti Indarwati
NIM : 2014138200118
Mata Kuliah : TP PAI
STAINIM SIDOARJO
Terdapat
tiga prinsip dasar dalam teknologi
pembelajaran yaitu:
1.
Menerapkan
Pendekatan System
Prinsip pendekatan system berarti bahwa
penyelenggaraan pendidikan dana pembelajaran perlu desain perancangan dengan menggunakan
pendekatan system. Dalam merancang pembelajaran diperlukan langkah-langkah
procedural meliputi: identifikasi masalah, analisis keadaan, identifikasi
tujuan, pengelolaan pembelajaran, penerapan metode,dan penetapan media evaluasi pembelajaran.
Pendekatan system juga berarti bahwa setiap usaha
pemecahan masalah pendidikan yang dilandasi konsep teknologi pembelajarn
hendaknya menerapkan prinsip pendekatan system artinya memandang segala sesuatu
yang menyeluruh (komprenhensif) dengan segala komponen yang saling
terintegrasi. Pendekatan system telah dipergunakan dengan menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi pproses pendidikan.
2.
Berorientasi
Pada Peserta Didik
Bahwa dalam pembelajaran hendaknya memusatkan
perhatiannya pada peserta didik dengan memperhatikan karakteristik, minat,
potensi dari peserta didik.
Berorientasi pada peserta didik juga berarti bahwa
usaha-usaha pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan hendaknya memusatkan
perhatiannya pada peserta didik.
3.
Menggunakan
Sumber Belajar Seluas Mungkin
Dalam pembelajaran siswa hendaknya dapat
memanfaatkan sumber belajar untuk mengakses pengetahuan dan ketrampilan yang
dibutuhkannya. Pemanfaatan sumber belajar juga berarti bahwa semaksimal dan
sebervariasi mungkin peserta didik belajar karena berinteraksi dengan berbagai
sumber belajar secara maksimal dan bervariasi. Satu hal lagi bahwa teknologi
pembelajarn adalah satu bidang yang menekankan pada aspek belajar siswa.
Keberhasilan pembelajaran yang dilakukan dalam satu kegiatan pendidikan adalah
bagaimana siswa dapat belajar, dengan cara mengidentifikasi, mengembangkan,
mengorganisasi, serta menggunakan segala macam sumber belajar
Penerapan prinsip ini peserta didik disediakan
beraneka ragam sumber belajar baik cetak seperti buku teks, modul, dan sejenisnya.,
maupun noncetak seperti program audio,
video, atau bahan belajar online. Atau sumber belajar lain seperti dari
lingkungannya yang sesuai untuk mencapai kompetensi tertentu
Sumber : https // kisopo.wordpress.com > 2015/03/03
oke banget min
BalasHapuspompa debu