PRINSIP DASAR TEKNOLOGI PEMBELAJARAN


PRINSIP DASAR TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
By : Siti Indarwati
NIM : 2014138200118
Mata Kuliah : TP PAI
STAINIM SIDOARJO
Terdapat tiga  prinsip dasar dalam teknologi pembelajaran yaitu:
1.      Menerapkan Pendekatan System
Prinsip pendekatan system berarti bahwa penyelenggaraan pendidikan dana pembelajaran perlu desain perancangan dengan menggunakan pendekatan system. Dalam merancang pembelajaran diperlukan langkah-langkah procedural meliputi: identifikasi masalah, analisis keadaan, identifikasi tujuan, pengelolaan pembelajaran, penerapan metode,dan  penetapan media evaluasi pembelajaran.
Pendekatan system juga berarti bahwa setiap usaha pemecahan masalah pendidikan yang dilandasi konsep teknologi pembelajarn hendaknya menerapkan prinsip pendekatan system artinya memandang segala sesuatu yang menyeluruh (komprenhensif) dengan segala komponen yang saling terintegrasi. Pendekatan system telah dipergunakan dengan menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pproses pendidikan.
2.      Berorientasi Pada Peserta Didik
Bahwa dalam pembelajaran hendaknya memusatkan perhatiannya pada peserta didik dengan memperhatikan karakteristik, minat, potensi dari peserta didik.
Berorientasi pada peserta didik juga berarti bahwa usaha-usaha pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan hendaknya memusatkan perhatiannya pada peserta didik.


3.      Menggunakan Sumber Belajar Seluas Mungkin
Dalam pembelajaran siswa hendaknya dapat memanfaatkan sumber belajar untuk mengakses pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkannya. Pemanfaatan sumber belajar juga berarti bahwa semaksimal dan sebervariasi mungkin peserta didik belajar karena berinteraksi dengan berbagai sumber belajar secara maksimal dan bervariasi. Satu hal lagi bahwa teknologi pembelajarn adalah satu bidang yang menekankan pada aspek belajar siswa. Keberhasilan pembelajaran yang dilakukan dalam satu kegiatan pendidikan adalah bagaimana siswa dapat belajar, dengan cara mengidentifikasi, mengembangkan, mengorganisasi, serta menggunakan segala macam sumber belajar
Penerapan prinsip ini peserta didik disediakan beraneka ragam sumber belajar baik cetak seperti buku teks, modul, dan sejenisnya., maupun noncetak  seperti program audio, video, atau bahan belajar online. Atau sumber belajar lain seperti dari lingkungannya yang sesuai untuk mencapai kompetensi tertentu



 Sumber : https // kisopo.wordpress.com > 2015/03/03

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUJUAN UTAMA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

PENGERTIAN SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA