by: Fahrur Rozi - Tekhnologi Pendidikan (ciri ciri utama tekhnologi pembelajaran)
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji dan syukur kami haturkan kepada Allah SWT, atas rahmat,
taufik, serta hidayah-Nya. Sholawat serta salam tidak lupa kepada junjungkan
kita Rasulullah Muhammad SAW, sehingga penyusunan tugas UAS yang berjudul
“Ciri Utama Tekhnologi Pendidikan” dapat diselesaikan dengan baik dan tepat
waktu.
Kiranya dalam
penulisan ini, kami menghadapi cukup banyak rintangan dan selesainya makalah
ini tak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu tak lupa kami ucapkan
terima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu.
Kami menyadari bahwa masih banyak
kekurangan pada materi ini. Oleh karena itu,kami mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun agar menjadi lebih baik lagi.Kami berharap materi dapat memberi
manfaat bagi kita semua.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Surabaya, 01 januari 2018
Penyusun
CIRI
CIRI UTAMA TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
A.
Latar Belakang Sejarah dan Teknologi Pembelajaran
Teknologi Pembelajaran tumbuh dari praktek
pendidikan dan gerakan komunikasi audio visual. Teknologi Pembelajaran semula
dilihat sebagai teknologi peralatan, yang berkaitan dengan penggunaan
peralatan, media dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan atau dengan kata
lain mengajar dengan alat bantu audio-visual. Teknologi Pembelajaran
merupakan gabungan dari tiga aliran yang saling berkepentingan, yaitu media
dalam pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem dalam
pendidikan.
B.
Definisi Teknologi Pembelajaran
Rumusan tentang
pengertian Teknologi Pembelajaran telah mengalami beberapa perubahan, sejalan
dengan sejarah dan perkembangan dari teknologi pembelajaran itu sendiri. Di
bawah ini dikemukakan beberapa definisi tentang Teknologi Pembelajaran yang memiliki
pengaruh terhadap perkembangan Teknologi Pembelajaran.
C.
Ciri
Ciri Teknologi Dalam Pendidikan
Teknolgi pendidikan
yang saat ini berkembang degan pesat seiringan dengan berkembangnya modernisasi
yang mengisi kehidupan ini membuat berbagai pihak mengupayakan agar teknologi
pendidikan dapat dimanfaat dan bermanfaat sebaik mungkin, terutama pada lembaga
pendidikan.
Dalam hal ini ahli teknologi pendidikan mencoba
mencari solusi dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama ini dengan
mencipatakan berbagai media pembelajaran radio,televisi,infokus,komputer dan
sejenisnya.media-media ini memberikan kemudahan kepada pembelajar dan pebelajar
dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat menerima materi pembelajaran
dengan mudah.
Banyak sekali jenis media pembelajaran yang digunakan
dalam pendidikan dengan menggunakan teknologi pembelajaran yang diciptakan.
Setiap jenis atau bagian dapat pula dikelompokkan sesuai dengan karakteristik
dan sifat-sifat media tersebut.
Sampai saat ini belum ada kesepakatan yang baku dalam
mengelompokkan media. Jadi banyak tenaga ahli mengelompokkan atau membuat
klasifikasi media akan tergantung dari sudut mana mereka memandang dan menilai
media tersebut. Penggolongan media pembelajaran menurut Gerlach dan Ely yang
dikutip oleh Rohani yaitu:
1.
Gambar diam, baik dalam bentuk teks,
bulletin, papan display, slide, film strip, atau overhead proyektor.
2.
Gambar gerak, baik hitam putih,
berwarna, baik yang bersuara maupun yang tidak bersuara.
3.
Rekaman bersuara baik dalam kaset maupun
piringan hitam.
4.
Televisi
5.
Benda-benda hidup, simulasi maupun
model.
6.
Instruksional berprogram ataupun
CAI (Computer Assisten Instruction).
by : Fahrur Rozi
Nim: 2014138200128
Komentar
Posting Komentar