by: Fahrur Rozi - Tekhnologi Pendidikan (ciri ciri utama tekhnologi pembelajaran)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji dan syukur kami haturkan kepada Allah SWT, atas rahmat, taufik, serta  hidayah-Nya. Sholawat serta salam tidak lupa kepada junjungkan kita Rasulullah Muhammad SAW, sehingga penyusunan tugas UAS yang berjudul “Ciri Utama Tekhnologi Pendidikan” dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Kiranya dalam penulisan ini, kami menghadapi cukup banyak rintangan dan selesainya makalah ini tak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu tak lupa kami ucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu.
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan pada materi ini. Oleh karena itu,kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun agar menjadi lebih baik lagi.Kami berharap materi dapat memberi manfaat bagi kita semua.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



            Surabaya, 01 januari 2018


Penyusun                                       



CIRI CIRI UTAMA TEKNOLOGI PEMBELAJARAN


A. Latar Belakang Sejarah dan Teknologi Pembelajaran

Teknologi Pembelajaran tumbuh dari praktek pendidikan dan gerakan komunikasi audio visual. Teknologi Pembelajaran semula dilihat sebagai teknologi peralatan, yang berkaitan dengan penggunaan peralatan, media dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan atau dengan kata lain mengajar dengan alat bantu audio-visual. Teknologi Pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yang saling berkepentingan, yaitu media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem dalam pendidikan.

B. Definisi Teknologi Pembelajaran
Rumusan tentang pengertian Teknologi Pembelajaran telah mengalami beberapa perubahan, sejalan dengan sejarah dan perkembangan dari teknologi pembelajaran itu sendiri. Di bawah ini dikemukakan beberapa definisi tentang Teknologi Pembelajaran yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan Teknologi Pembelajaran.

C.   Ciri Ciri Teknologi Dalam Pendidikan


Teknolgi pendidikan yang saat ini berkembang degan pesat seiringan dengan berkembangnya modernisasi yang mengisi kehidupan ini membuat berbagai pihak mengupayakan agar teknologi pendidikan dapat dimanfaat dan bermanfaat sebaik mungkin, terutama pada lembaga pendidikan.
Dalam hal ini ahli teknologi pendidikan mencoba mencari solusi dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama ini dengan mencipatakan berbagai media pembelajaran radio,televisi,infokus,komputer dan sejenisnya.media-media ini memberikan kemudahan kepada pembelajar dan pebelajar dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan mudah.
Banyak sekali jenis media pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan dengan menggunakan teknologi pembelajaran yang diciptakan. Setiap jenis atau bagian dapat pula dikelompokkan sesuai dengan karakteristik dan sifat-sifat media tersebut.
Sampai saat ini belum ada kesepakatan yang baku dalam mengelompokkan media. Jadi banyak tenaga ahli mengelompokkan atau membuat klasifikasi media akan tergantung dari sudut mana mereka memandang dan menilai media tersebut. Penggolongan media pembelajaran menurut Gerlach dan Ely yang dikutip oleh Rohani yaitu:
1.      Gambar diam, baik dalam bentuk teks, bulletin, papan display, slide, film strip, atau overhead proyektor.
2.      Gambar gerak, baik hitam putih, berwarna, baik yang bersuara maupun yang tidak bersuara.
3.      Rekaman bersuara baik dalam kaset maupun piringan hitam.
4.      Televisi
5.      Benda-benda hidup, simulasi maupun model.
6.      Instruksional berprogram ataupun CAI (Computer Assisten Instruction).

by    : Fahrur Rozi
Nim: 2014138200128


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP DASAR TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

TUJUAN UTAMA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

PENGERTIAN SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA