Membangun Karakter Dan Akhlak Anak Yang Berkualitas
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
(Membangun Karakter Dan Akhlak Anak Yang Berkualitas
)
By
: Dewi Fitriyah. (MPI : 2014138200138)
Mahasiswa
STAINIM Sidoarjo
Semua manusia
diciptakan mempunyai karakter yang beragam. Karakter perlu dibentuk dan dilatih
sejak dini, agar mencetak karakter yang bekualitas dan berakhlakul karimah.
“Karakter lebih dekat dengan akhlak , yaitu spontanitas manusia dalam bersikap,
atau melakukan perbuatan yang telah menyatu dalam diri manusia sehingga ketika
muncul tidak perlu dipikirkan lagi ( Imam Ghozali )”.
Jadi karakter dan
akhlak saling berhubungan dekat dan saling berkesinambungan dalam rutiitas
keseharian manusia. Dimana karakter merupakan sifat manusia yang di lakukan
secar spontan etika menjalankan rutinitas di setiap akitivitas kesehariannya.
Jadi, perlu adanya pembiasaan karakter yang baik sejak usia dini agar
menghasilkan karakter yang berkualitas sehingga ketika menjalankan aktivitas
dalam rutinitas kesehariannya juga disikapi dengan hal – hal dan perilaku yang
berkualitas pula. Sebagai orang tua karakter anak perlu diperhatikan secara
teliti sejak anak berusia 0 bulan, orang tua perlu melakukan pembiasaan dalam
membentuk karakter dan karakter anak demi menghasilkan hasil yang berkualitas.
“Dan barang siapa
membiasakan sesuatu di masa kecilnya, akan menjadi kebiasaannya pula di masa
tua (Hukama)”. Maka bagaimana cara orang tua dalam menanamkan karakter anak
sejak dini, itu akan terbawa dan berpengaruh terhadap anak sampai si anak
lanjut usia. Dan hal tersebut tidak dapat dianggap sebagai hal yang sepele.
Karena membentuk karakter anak tidaklah mudah, perlu adanya proses pembiasaan
sejak dini.
“Masa kanak – kanak
merupakan gambaran awal manusia sebagai sesorang manusia, tempat dimana
kebaikan dan sifat buruk kita yang tertanam dengan lambat namun jelas
berkembang dan mewujudkan dirinya ( Erik Erikson ).Maka anak bagaikan lembaran
kertas kosong yang masih suci, putih, bersih yang belum ternodai oleh goresan
tinta hitam. Orang tua bagaikan tinta hitam yang akan menggoreskan barisan aksara
ke atas selembar kertas kosong. Karakter anak yang akan terbentuk tergantung
oleh goresan tinta yang digoreskan orang tua sejak dini terhadap anak. Apabila
goresannya berkualitas maka akan menghasilkan anak yang berkualitas, tetapi
ketika orang tua lengah sehingga berantakan dalam menggoreskan pada anak maka
karakter anak juaga akan berantakan.
Terdapat
nilai – nilai karakter pada anak :
1. Religius
Tanamkan sikap dan perilaku yang patuh dalam
melaksanakan ajaran agama pada anak. Misalnya : Kenalkan anak rukun islam,
rukun iman, tata cara berwhudlu, tata cara sholat, do’a – do’a harian sebelum
melakukan aktivitas dan mengucap salam. Toleransi terhadap agama lain, dan
saling hidup rukun dengan agama lain, tidak saling membeda – bedakan karena
perbedaan agama juga perlu diterpkan pada anak. Agar sewaktu anak tumbuh dewasa
dan berproses dalam masyarakat, anak sudah bisa menerapkan sikap toleransi
terhadap agama lain.
2. Jujur
Membiasakan sikap jujur pada anak sangat penting,
agar menjadikan anak sebagai anak yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan,
tindakan dan pekerjaan.
3. Disiplin
Tindakan yang menujukan perilaku tertib dan patuh
pada berbagai ketentuan peraturan. Misalnya : Membiasakan anak antri, berjalan
dengan tertib, meletakkan barang – barang pada tempat semula, merapapikan
mainan, dan lain sebagainya.
4. Kerja Keras
Perilaku yang menunjukan upaya bersungguh – sungguh
dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas
dengan sebaik – baiknya.
5. Kreativ
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan
cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
6. Mandiri
Mengajarkan anka sikap dan perilaku yang tidak mudah
bergantung pada orag lain dalam menyelesaikan tugas – tugasnya.
7. Demokratis
Cara berpikir, sikap, dan bertindak yang menilai
sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
8. Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk
mengetahui lebih mendalam tan luas mengenai sesuai hal yang di pelajari,
dilihat, dan di dengar.
9. Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk
menghasilkan sesuatu yang berguna, baagi masyarakat, dan menghormati
keberhasilan dan karya orang lain.
10. Bersahabat Komunikatiif
Tindakan yang
melinatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerjasama dengan teman.
11. Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan
orang lain merasa senang dan aman ketika bersamanya.
12. Gemar Membaca
Membisakan dan menyediakan anak waktu untuk membaca
berbsgsi bacaan.
13. Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu menyayangi dan
mencegah kerusakan di lingkungan alam, dan mengembangkan upaya memperbaiki.
Misalnya : Mengajarkan anak menanam pohon kecil2 si polibek serta mengenalkan
anak berbagai macam tumbuh – tumbuhan.
14. Peduli Sosial
Sikap
dan tindakan yang selalu ingin membantu orang lain.
15. Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku anak untuk melaksanakan tugas dan
kewajiban yang seharusnya di lakukan.
16. Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak dan dan
wawasan yang mempatkan kepentingan bangsa dan Negara.
yang-berkualitas_58405d1a91fdfd340dbe
Komentar
Posting Komentar