PROGRAM APLIKASI DALAM PENDIDIKAN
PROGRAM APLIKASI DALAM
PENDIDIKAN
Hakekat Teknologi pendidikan
Mengenai masalah hakikat teknologi pendidikan
tidaklah berbeda dengan teknologi pembelajaran, yang mana sama-sama berharap
akan lebih berhasilnya sebuah proses pendidikan atau pembelajaran.[1] Dalam
mendefinisikan teknologi pembelajaran ada beberapa pendapat diantaranya adalah:
1. teknologi pembelajaran adalah penerapan secara
sistematik strategi dan teknik yang diambil dari konsep ilmu perilaku dan ilmu
yang bersifat fisik, serta pengetahuan lain untuk keperluan pemecahan masalah
pembelajaran.
2. teknologi pembelajaran adalah pengembangan,
penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki
dan meningkatkan proses belajar manusia.
3. teknologi pembelajaran adalah pemikiran yang
sistematis tentang pendidikan, penerapan, metode problem solvingdalam
pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat-alat komunikasi modern, juga tanpa
alat-alat itu.
4. teknologi pembelajaran adalah suatu cara atau
suatu metode yang digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan peserta
didik untuk mencapai tujuan pendidikan baik menggunakan alat media atau
disebut hardware maupun yang lebih penting dari itu
yaitu software, sehingga dalam mendidik peserta didik mereka dapat
menerima materi yang diberikan oleh pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa.
5. teknologi pembelajaran adalah suatu komunikasi
yang sangat pesat yang dimanfaatkan dalam pendidikan, adapun dalam
berkomunikasi yang diutamakan adalah media komunikasi yang berupa alat-alat
teknologi atau disebuthardware.
6. menurut Prof. Dr. Hadi Miarso bahwa teknologi
berasal dari kata techne yang artinya adalah seni, cara,
dan kreatifitas yang ditempuh oleh seorang pendidik dalam mentrasfer
pengetahuan kepada peserta didik.[2] Dalam
kata lain bahwa seorang guru harus mempunyai cara-cara ataupun keahliannya
dalam mendidik peserta didik.
Dari beberapa definisi di atas maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa terknologi pendidikan adalah suatu cara atau metode
yang sistematis yang diharapkan nantinya peserta didik dapat menerima materi
pendidikan agama islam dengan lebih baik, dengan rasa senang dan tanpa ada
paksaan.
Teknologi pembelajaran merupakan bagian dari
teknologi pendidikan. Hal ini didasarkan pada konsep bahwa pengajaran adalah
bagian dari pendidikan. Teknologi pengajaran merupakan satu himpunan dari
proses terintegrasi yang melibatkan manusia, prosedur, gagasan, peralatan dan
organisasi serta pengelolaan cara-cara pemecahan masalah pendidikan yang
terdapat di dalam situasi belajar yang memiliki tujuan.
a. Macam-macam Teknologi Pendidikan
Dalam inovasi pendidikan tidak bisa lepas dengan
masalah revolusi metode, kurikulum yang inovatif, teknologi serta SDM yang
kritis untuk bisa menghasilkan daya cipta dan hasil sekolah sebagai bentuk
perubahan pendidikan. Sekolah harus mempunyai orientasi bisnis pelanggan yang
memiliki daya saing global. Untuk itu ada lima teknologi baru yang dapat
menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik, yaitu:
1) Sistem berpikir
Sistem berpikir menjadikan kita untuk
lebih hati-hati dengan munculnya tiap mode di dunia pendidikan. Hal ini untuk
mengantisipasi terjadinya perubahan yang tidak kita inginkan. Tanpa sistem
berpikir kita akan sulit untuk mengadakan peningkatan riil di bidang
pendidikan. Jadi sistem berpikir menghadirkan konsep sistem yang umum, dimana
berbagai hal saling terkait.
2) Desain sistem
Desain sistem adalah teknologi merancang dan
membangun sistem yang baru. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang cepat
yang meningkatkan harapan. Desain sistem memberi kita peralatan untuk
menciptakan suatu sistem yang baru dan suatu strategi untuk perubahan.
3) Kualitas pengetahuan
kualitas pengetahuan merupakan teknologi yang
memproduksi suatu produk atau jasa/layanan yang sesuai harapan dan pelanggan.
Ilmu pengetahuan yang berkualitas telah menjadi alat yang sangat berharga dalam
inovasi pendidikan/sekolah.
4) Manajemen Perubahan
Manajemen perubahan adalah suatu cara untuk
memandu energi kreatif ke arah perubahan positif. Dapat juga diartikan sistem
pemikiran yang berlaku untuk aspek manajemen inovasi tentunya dengan
berorientasi pada POAC (Perencanaan, Organisasi, Aktualisasi
dan Kontrol). Teknologi pembelajaran Disini ada dua bagian yaitu:
Yang pertama peralatan Pelajar elektronik (Komputer, multimedia,
Internet, telekomunikasi),
Yang kedua pembelajaran yang didesain, metode dan strateginya
diperlukan untuk membuat peralatan elektronik yang efektif. Pelajaran
elektronik ini mengubah cara mengkomunikasikan belajar.[3] Jadi
teknologi pembelajaran adalah sistem pemikiran yang berlaku untuk instruksi dan
belajar.
5) Teknologi
Teknolog itersebut merupakan suatu keterpaduan
untuk menuju inovasi pendidikan sehingga dalam memecahkan masalah pendidikan
perlu kombinasi peralatan/alat elektronik, orang-orang, proses, manajemen,
intelektual, untuk perubahan yang efektif.
b. Fungsi
Teknologi Pendidikan
Berikut ini adalah
beberapa fungsi dari teknologi pembelajaran sebagai berikut:
1.
Sebagai sarana bahan
ajar yang ilmiah dan obyektif.
2.
Sebagai sarana untuk
memotifasi peserta didik yang semangat belajarnya rendah.
3.
Sebagai sarana untuk
membantu peserta didik mempresentasikan apa yang mereka ketahui.
4.
Sebagai sarana untuk
meningkatkan efektifitas pembelajaran.
5.
Sebagai sarana
mempermudah penyampaian materi.
6.
Sebagai sarana untuk
mempermudah desain pembelajaran.
7.
Sebagai media
pendukung pelajaran dengan mudah.
8.
Sebagai sarana
pendukung terlaksananya program pembelajaran yang sistematis
9.
Sebagai sarana
meningkatkan keberhasilan pembelajaran.
c.
Manfaat Teknologi pendidikan
Mengenai manfaat teknologi pembelajaran sangatlah banyak. dan
hal ini tergantung dari siapa yang memanfaatkannya. Berikut adalah beberapa
manfaat dari teknologi pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik:
·
Manfaat
bagi pendidik
1.
Pendidik dapat lebih
memudahkan tercapainya tujuan pendidikan.
2.
Pendidik dapat
mempermudah desain pembelajaran.
3.
Pendidik dapat
menunjang metode pembelajaran.
4.
Pendidik dapat lebih
meningkatkan efektifitas Pembelajaran.
5.
Pendidik lebih mudah
menyampaikan materi pembelajaran.
6.
Pendidik dapat
mengefisiensikan waktu.
7.
Dapat menjadi daya
dukung pengajaran seorang pendidik.
·
Manfaat
bagi peserta didik
1.
Peserta didik dapat
lebih cepat menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik.
2.
Peserta didik menerima
materi pembelajaran dengan senang.
3.
Peserta didik dapat
mempresentasikan apa yang mereka ketahui
4.
Peserta didik tidak
bosan dengan cara penyampaian materi pembelajaran secara verbal.
B. Program Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application yaitu
bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti
pengolah. Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas
perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk
melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai. Contoh utamaperangkat lunak
aplikasi adalah program pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar
media.
Pengertian software aplikasi, yaitu suatu program komputer yang berfungsi
untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat dokumen, memanipulasi foto,
membuat laporan keuangan, atau merancang rumah. Pengertian software aplikasi
tidak lepas dari beberapa macam program pembangunnya, yaitu terdiri dari
software hiburan, pendidikan, bisnis, perangkat lunak khusus, serta
produktivitas kerja.
Kumpulan aplikasi komputer yang
digabung menjadi suatu paket biasanya disebut paket atau suite
aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan
OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja,
serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya
memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna
untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Umumnya aplikasi-aplikasi
tersebut memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi sehingga menguntungkan
pemakai. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dimasukkan dalam suatu dokumen
pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
Berdasarkan jenisnya, aplikasi
komputer dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu :
1) Enterprise, digunakan untuk organisasi yang
cukup besar dengan maksud menghubungkan aliran data dan kebutuhan informasi
antar bagian, contoh : IT Helpdesk, Travel Management dll.
2) Enterprise-Support, Sebagai aplikasi
pendukung dari Enterprise, contohnya : Database Management, Email Server
dan Networking System.
3) Individual Worker, Sebagai aplikasi yang
biasa digunakan untuk mengolah/edit data oleh tiap individu. Contoh :
Ms.Office, Photoshop, Acrobat Reader dll.
4) Aplikasi Akses Konten, Adalah aplikasi
yang digunakan oleh individu (hanya) untuk mengakses konten tanpa kemampuan
untuk mengolah/mengedit datanya melainkan hanya melakukan kustomisasi terbatas.
Contoh : Games, Media Player, Web Browser.
5) Aplikasi Pendidikan, Biasanya berbentuk
simulasi dan mengandung konten yang spesifik untuk pembelajaran.
6) Aplikasi Simulasi, biasa digunakan untuk
melakukan simulasi penelitian, pengembangan dll. Contoh : Simulasi pengaturan
lampu lalu lintas.
7) Aplikasi Pengembangan Media, berfungsi untuk
mengolah/mengembangkan media biasanya untuk kepentingan komersial, hiburan dan
pendidikan. Contoh : Digital Animation Software, AudioVideo Converter dll.
8) Aplikasi Mekanika dan Produk, dibuat sebagai
pelaksana/pengolah data yang spesifik untuk kebutuhan tertentu. Contoh :
Computer Aided Design (CAD), Computer Aided Engineering (CAE), SPSS dll.
Softwere pendidikan dikhususkan untuk dunia
pendidikan termasuk didalamnya software mate-matika, kimia, elektronika,
elektrik, juga bahasa program dan lain-lainnya yang berkaitan dengan
pendidikan.
7.
MartView
20.
tinySpell 1.9.31
22.
ELCAD 7.2
33.
TinyPiano v0.8e
34.
ChemToolBox 1.0.1; Software Kimia
3D Graphing Calculator – An Amazing Kalkulator Gratis untuk Windows
3D Graphing Calculator – An Amazing Kalkulator Gratis untuk Windows
37.
Convert
Center 1.1 Software untuk mengkonversi ukuran
Paradox : Bahasa program untuk database
Belajar Refleksi Melalui Komputer
Paradox : Bahasa program untuk database
Belajar Refleksi Melalui Komputer
38.
PCB Artist Layout Software 1.2.4 : Sebuah software untuk mendisain PCB Elektronik
Celestia Portable : Software mempelajari tentang tatasurya
Holy Quran Software 1.0
Celestia Portable : Software mempelajari tentang tatasurya
Holy Quran Software 1.0
39.
Anatomy Illustrator 1.0.0 : Software mempelajari tentang anatomi tubuh
manusia
Pengenalan Proteus (Software simulasi & desain PCB)
Pengenalan Proteus (Software simulasi & desain PCB)
41.
BoneLab 1.0.3.4
: Software mempelajari
tentang rangka manusia
PCB Disain Software : Software untuk membuat disain PCB
Smart Draw : Software untuk membuat rangkaian Listrik
PCB Disain Software : Software untuk membuat disain PCB
Smart Draw : Software untuk membuat rangkaian Listrik
45.
Belajar Linux
51.
Aksara Jawa
54.
Aksara Batak
58.
Dan Lain-Lain
D. Manfaat Software Aplikasi dalam Dunia Pendidikan
Trend penggunaan media komunikasi online
mulai meningkat di akhir tahun 90an. Media komunikasi online menjadi salah satu
alternative untuk berkomunikasi yang sangat fleksibel dan bervariasi. Jika dulu
anda mendapat kesulitan untuk menelepon keluar negeri karena sangat mahal
tarifnya, kini dengan video call, video chat dan sejenisnya anda bisa berhemat
lebih banyak. Bukan hanya itu, sumbangsih dunia komunikasi online atau lebih
spesifik produk IT terasa sekali manfaatnya disemua lini usaha maupun kehidupan
secara umum. Dan secara jujur ini juga sangat membantu dalam bidang pendidikan
praktis maupun pendidikan umum di sekolah yang merupakan lini kehidupan yang
secara tidak langsung menentukan masa depan kita secara umum.
Sarana dan prasarana pendidikan merupakan
salah satu aspek pendukung suksesnya sebuah proses pendidikan. Jika anda
mempunyai seorang murid yang sangat berbakat dan cerdas namun karena minimnya
sarana dan prasarana pendukung maka bisa jadi bakat dan potensi anak tersebut
tidak bisa digali dengan maksimal. Dengan berkembangnya software
aplikasi yang beragam dan berguna unruk berbagai bidang maka
bidang pendidikan juga mendapat manfaatnya khususnya dalam penyediaan media
belajar dan sumber belajar. Media pembelajaran sebagai fasilitas untuk
mendukung pemahaman siswa terhadap materi belajar yang sedang diterangkan oleh
guru. Dengan adanya media pendukung misalnya dari internet maka siswa bisa
langsung mempelajari beberapa hal baru yang mungkin tidak bisa ditemuinya di
kehidupan sehari-hari. Selain itu, sekarang juga sudah marak software aplikasi
khusus untuk dunia pendidikan yang bersifat edukatif dan menarik. Software ini
banyak memberi peluang pada berkembangnya potensi siswa dalam pembelajaran
bahasa misalnya. Dalam perkembangannya beberapa sekolah bisnis juga mempunyai
software khusus untuk belajar bertransaksi atau melakukan kegiatan bisnis
secara online.
Dengan semakin majunya bidang teknologi maka
semakin banyak pula pilihan untuk mengembangkan dunia pendidikan. Ada juga
bentuk game yang digunakan untuk simulasi bisnis perusahaan
keluarga. Dengan game atau software ini user bisa bermain role play
seakan mereka sedang memainkan peran sebagai manager atau CEO sebuah perusahaan
garment milik keluarga mereka. Meski juga ada banyak hal negatif yang bisa
timbul dari media komunikasi online tetapi manfaatnya tetap lebih besar asal
digunakan dengan benar.
By : M.Nasir
Mata Kuliah : Aplikasi Komputer
Komentar
Posting Komentar