PROGRAM APLIKASI DALAM PENDIDIKAN

PROGRAM APLIKASI DALAM
PENDIDIKAN

Hakekat Teknologi pendidikan
Mengenai masalah hakikat teknologi pendidikan tidaklah berbeda dengan teknologi pembelajaran, yang mana sama-sama berharap akan lebih berhasilnya sebuah proses pendidikan atau pembelajaran.[1] Dalam mendefinisikan teknologi pembelajaran ada beberapa pendapat diantaranya adalah:
1.        teknologi pembelajaran adalah penerapan secara sistematik strategi dan teknik yang diambil dari konsep ilmu perilaku dan ilmu yang bersifat fisik, serta pengetahuan lain untuk keperluan pemecahan masalah pembelajaran.
2.        teknologi pembelajaran adalah pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.
3.        teknologi pembelajaran adalah pemikiran yang sistematis tentang pendidikan, penerapan, metode problem solvingdalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat-alat komunikasi modern, juga tanpa alat-alat itu.
4.        teknologi pembelajaran adalah suatu cara atau suatu metode yang digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan baik menggunakan alat media atau disebut hardware maupun yang lebih penting dari itu yaitu software, sehingga dalam mendidik peserta didik mereka dapat menerima materi yang diberikan oleh pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa.
5.        teknologi pembelajaran adalah suatu komunikasi yang sangat pesat yang dimanfaatkan dalam pendidikan, adapun dalam berkomunikasi yang diutamakan adalah media komunikasi yang berupa alat-alat teknologi atau disebuthardware.
6.        menurut Prof. Dr. Hadi Miarso bahwa teknologi berasal dari kata techne yang artinya adalah seni, cara,  dan kreatifitas yang ditempuh oleh seorang pendidik dalam mentrasfer pengetahuan kepada peserta didik.[2] Dalam kata lain bahwa seorang guru harus mempunyai cara-cara ataupun keahliannya dalam mendidik peserta didik.
Dari beberapa definisi di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terknologi pendidikan adalah suatu cara atau metode yang sistematis yang diharapkan nantinya peserta didik dapat menerima materi pendidikan agama islam dengan lebih baik, dengan rasa senang dan tanpa ada paksaan.
Teknologi pembelajaran merupakan bagian dari teknologi pendidikan. Hal ini didasarkan pada konsep bahwa pengajaran adalah bagian dari pendidikan. Teknologi pengajaran merupakan satu himpunan dari proses terintegrasi yang melibatkan manusia, prosedur, gagasan, peralatan dan organisasi serta pengelolaan cara-cara pemecahan masalah pendidikan yang terdapat di dalam situasi belajar yang memiliki tujuan.
a.      Macam-macam Teknologi Pendidikan
Dalam inovasi pendidikan tidak bisa lepas dengan masalah revolusi metode, kurikulum yang inovatif, teknologi serta SDM yang kritis untuk bisa menghasilkan daya cipta dan hasil sekolah sebagai bentuk perubahan pendidikan. Sekolah harus mempunyai orientasi bisnis pelanggan yang memiliki daya saing global. Untuk itu ada lima teknologi baru yang dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik, yaitu:
1)      Sistem berpikir
 Sistem berpikir menjadikan kita untuk lebih hati-hati dengan munculnya tiap mode di dunia pendidikan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya perubahan yang tidak kita inginkan. Tanpa sistem berpikir kita akan sulit untuk mengadakan peningkatan riil di bidang pendidikan. Jadi sistem berpikir menghadirkan konsep sistem yang umum, dimana berbagai hal saling terkait.
2)      Desain sistem
Desain sistem adalah teknologi merancang dan membangun sistem yang baru. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang cepat yang meningkatkan harapan. Desain sistem memberi kita peralatan untuk menciptakan suatu sistem yang baru dan suatu strategi untuk perubahan.
3)      Kualitas pengetahuan
kualitas pengetahuan merupakan teknologi yang memproduksi suatu produk atau jasa/layanan yang sesuai harapan dan pelanggan. Ilmu pengetahuan yang berkualitas telah menjadi alat yang sangat berharga dalam inovasi pendidikan/sekolah.
4)      Manajemen Perubahan
Manajemen perubahan adalah suatu cara untuk memandu energi kreatif ke arah perubahan positif. Dapat juga diartikan sistem pemikiran yang berlaku untuk aspek manajemen inovasi tentunya dengan berorientasi pada POAC (Perencanaan, Organisasi, Aktualisasi dan Kontrol). Teknologi pembelajaran Disini ada dua bagian yaitu:
Yang pertama peralatan Pelajar elektronik (Komputer, multimedia, Internet, telekomunikasi),
Yang kedua pembelajaran yang didesain, metode dan strateginya diperlukan untuk membuat peralatan elektronik yang efektif. Pelajaran elektronik ini mengubah cara mengkomunikasikan belajar.[3] Jadi teknologi pembelajaran adalah sistem pemikiran yang berlaku untuk instruksi dan belajar.
5)      Teknologi
Teknolog itersebut merupakan suatu keterpaduan untuk menuju inovasi pendidikan sehingga dalam memecahkan masalah pendidikan perlu kombinasi peralatan/alat elektronik, orang-orang, proses, manajemen, intelektual, untuk perubahan yang efektif.
 b. Fungsi Teknologi  Pendidikan
Berikut ini adalah beberapa fungsi dari teknologi pembelajaran sebagai berikut:
1.             Sebagai sarana bahan ajar yang ilmiah dan obyektif.
2.             Sebagai sarana untuk memotifasi peserta didik yang semangat belajarnya rendah.
3.             Sebagai sarana untuk membantu peserta didik mempresentasikan apa yang mereka ketahui.
4.             Sebagai sarana untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran.
5.             Sebagai sarana mempermudah penyampaian materi.
6.             Sebagai sarana untuk mempermudah desain pembelajaran.
7.             Sebagai media pendukung pelajaran dengan mudah.
8.             Sebagai sarana pendukung terlaksananya program pembelajaran yang sistematis
9.             Sebagai sarana meningkatkan keberhasilan pembelajaran.
 c.  Manfaat Teknologi pendidikan
Mengenai manfaat teknologi pembelajaran sangatlah banyak. dan hal ini tergantung dari siapa yang memanfaatkannya. Berikut adalah beberapa manfaat dari teknologi pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik:
·                     Manfaat bagi pendidik
1.             Pendidik dapat lebih memudahkan tercapainya tujuan pendidikan.
2.             Pendidik dapat mempermudah desain pembelajaran.
3.             Pendidik dapat menunjang metode pembelajaran.
4.             Pendidik dapat lebih meningkatkan efektifitas Pembelajaran.
5.             Pendidik lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran.
6.             Pendidik dapat mengefisiensikan waktu.
7.             Dapat menjadi daya dukung pengajaran seorang pendidik. 
·                     Manfaat bagi peserta didik
1.             Peserta didik dapat lebih cepat menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik.
2.             Peserta didik menerima materi pembelajaran dengan senang.
3.             Peserta didik dapat mempresentasikan apa yang mereka ketahui
4.             Peserta didik tidak bosan dengan cara penyampaian materi pembelajaran secara verbal.
5.             Peserta didik lebih bisa berekspresi dalam proses pembelajaran.[4]

B.     Program Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application yaitu bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti pengolah.  Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai. Contoh utamaperangkat lunak aplikasi adalah program pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Pengertian software aplikasi, yaitu suatu program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan, atau merancang rumah. Pengertian software aplikasi tidak lepas dari beberapa macam program pembangunnya, yaitu terdiri dari software hiburan, pendidikan, bisnis, perangkat lunak khusus, serta produktivitas kerja.
Kumpulan aplikasi komputer yang digabung menjadi suatu paket biasanya disebut paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Umumnya aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi sehingga menguntungkan pemakai. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dimasukkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
Berdasarkan jenisnya, aplikasi komputer dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu :
1)      Enterprise, digunakan untuk organisasi yang cukup besar dengan maksud menghubungkan aliran data dan kebutuhan informasi antar bagian, contoh : IT Helpdesk, Travel Management dll.
2)      Enterprise-Support, Sebagai aplikasi pendukung dari Enterprise, contohnya : Database Management, Email Server dan  Networking System.
3)      Individual Worker, Sebagai aplikasi yang biasa digunakan untuk mengolah/edit data oleh tiap individu. Contoh : Ms.Office, Photoshop, Acrobat Reader dll.
4)      Aplikasi Akses Konten, Adalah aplikasi yang digunakan oleh individu (hanya) untuk mengakses konten tanpa kemampuan untuk mengolah/mengedit datanya melainkan hanya melakukan kustomisasi terbatas. Contoh : Games, Media Player, Web Browser.
5)      Aplikasi Pendidikan, Biasanya berbentuk simulasi dan mengandung konten yang spesifik untuk pembelajaran.
6)      Aplikasi Simulasi, biasa digunakan untuk melakukan simulasi penelitian, pengembangan dll. Contoh : Simulasi pengaturan lampu lalu lintas.
7)      Aplikasi Pengembangan Media, berfungsi untuk mengolah/mengembangkan media biasanya untuk kepentingan komersial, hiburan dan pendidikan. Contoh : Digital Animation Software, AudioVideo Converter dll.
8)      Aplikasi Mekanika dan Produk, dibuat sebagai pelaksana/pengolah data yang spesifik untuk kebutuhan tertentu. Contoh : Computer Aided Design (CAD), Computer Aided Engineering (CAE), SPSS dll.

Softwere pendidikan dikhususkan untuk dunia pendidikan termasuk didalamnya software mate-matika, kimia, elektronika, elektrik, juga bahasa program dan lain-lainnya yang berkaitan dengan pendidikan.
1.             Simulator Mikroprosesor assembler
3.             Mengelola Koleksi E-Book dengan Calibre
4.             ABC Kid Genius 3.0
5.             MathType.6.7a
6.             ClassRoom GradeBook
7.             MartView
8.             Microsoft Biology Foundation 2.0 Beta 1
9.             Create Game with Scratch 1.4
12.          Kamus Bahasa Jepang
13.          Simulasi Untuk Belajar Fisika
14.          Software Simulasi Kereta Api
15.          Software Membuat Kuis
16.          Microsoft Mathematics 4.0
17.          Software Simulasi logic Sircuit, software untuk membuat rangkaian logic
18.          Quad-Lock Unit Converter 5.4
19.          Tools Untuk Optimasi Script PHP
20.          tinySpell 1.9.31
21.          WorldWide Telescope 2.2
22.          ELCAD 7.2
25.          Animals for Kids 2.1
26.          ELearning Software
27.          Chinese Toolbox FREE 9.1.2
28.          TS School 2010.0.0
29.          Gogle Translate Desktop
30.          Chem DigiT; Kalkulator Kimia
Electronics dan Mechanics 10
33.          TinyPiano v0.8e
36.          Memulai dengan C / C + +
37.          Convert Center 1.1 Software untuk mengkonversi ukuran
Paradox : 
Bahasa program untuk database
Belajar Refleksi Melalui Komputer
38.          PCB Artist Layout Software 1.2.4 : Sebuah software untuk mendisain PCB Elektronik
Celestia Portable : 
Software mempelajari tentang tatasurya
Holy Quran Software 1.0
39.          Anatomy Illustrator 1.0.0 : Software mempelajari tentang anatomi tubuh manusia
Pengenalan Proteus (Software simulasi & desain PCB)
40.          Beberapa Software Mate-matika
41.          BoneLab 1.0.3.4 : Software mempelajari tentang rangka manusia
PCB Disain Software : 
Software untuk membuat disain PCB
Smart Draw : 
Software untuk membuat rangkaian Listrik
42.          Quipperschool.com (Program Pemberian tugas Siswa)
Menghitung Besar Resistor
43.          Software Mate-matika
45.          Belajar Linux
46.          Bermain Piano Di komputer
47.          Kamus Inggris Indonesia
48.          Software Matematika Untuk Anak SD
49.          Software Penghitung Satuan
50.          Kamus Jawa Indonesia
51.          Aksara Jawa
52.          Software Melatih Mengetik Cepat
53.          Cara Menginstall Windows Xp
54.          Aksara Batak
55.          Alkitab Elektronik
56.          Pengingat Waktu Sholat
57.          Software Mengetik dengan 1o Jari
58.          Dan Lain-Lain


D.    Manfaat Software Aplikasi dalam Dunia Pendidikan
Trend penggunaan  media komunikasi online mulai meningkat di akhir tahun 90an. Media komunikasi online menjadi salah satu alternative untuk berkomunikasi yang sangat fleksibel dan bervariasi. Jika dulu anda mendapat kesulitan untuk menelepon keluar negeri karena sangat mahal tarifnya, kini dengan video call, video chat dan sejenisnya anda bisa berhemat lebih banyak. Bukan hanya itu, sumbangsih dunia komunikasi online atau lebih spesifik produk IT terasa sekali manfaatnya disemua lini usaha maupun kehidupan secara umum. Dan secara jujur ini juga sangat membantu dalam bidang pendidikan praktis maupun pendidikan umum di sekolah yang merupakan lini kehidupan yang secara tidak langsung menentukan masa depan kita secara umum.
Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu aspek pendukung suksesnya sebuah proses pendidikan. Jika anda mempunyai seorang murid yang sangat berbakat dan cerdas namun karena minimnya sarana dan prasarana pendukung maka bisa jadi bakat dan potensi anak tersebut tidak bisa digali dengan maksimal. Dengan berkembangnya software aplikasi yang beragam dan berguna unruk berbagai bidang maka bidang pendidikan juga mendapat manfaatnya khususnya dalam penyediaan media belajar dan sumber belajar. Media pembelajaran sebagai fasilitas untuk mendukung pemahaman siswa terhadap materi belajar yang sedang diterangkan oleh guru. Dengan adanya media pendukung misalnya dari internet maka siswa bisa langsung mempelajari beberapa hal baru yang mungkin tidak bisa ditemuinya di kehidupan sehari-hari. Selain itu, sekarang juga sudah marak software aplikasi khusus untuk dunia pendidikan yang bersifat edukatif dan menarik. Software ini banyak memberi peluang pada berkembangnya potensi siswa dalam pembelajaran bahasa misalnya. Dalam perkembangannya beberapa sekolah bisnis juga mempunyai software khusus untuk belajar bertransaksi atau melakukan kegiatan bisnis secara online.
Dengan semakin majunya bidang teknologi maka semakin banyak pula pilihan untuk mengembangkan dunia pendidikan. Ada juga bentuk game yang digunakan untuk simulasi bisnis perusahaan keluarga. Dengan game atau software ini user bisa bermain role play seakan mereka sedang memainkan peran sebagai manager atau CEO sebuah perusahaan garment milik keluarga mereka. Meski juga ada banyak hal negatif yang bisa timbul dari media komunikasi online tetapi manfaatnya tetap lebih besar asal digunakan dengan benar.
By : M.Nasir
Mata Kuliah     : Aplikasi Komputer



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP DASAR TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

TUJUAN UTAMA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

PENGERTIAN SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA